- Henkyloverz.blogspot.com - CEO : - Henky Santhoz A -

- Script -

Rabu, 20 Maret 2013

Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Pertanyaan itu sering dilontarkan oleh anda yang sedang mengalami gangguan karena masalah jerawat. Banyak sekali tips-tips dan saran-saran yang bisa kita temui tentang bagaimana cara yang mudah untuk menghilangkan jerawat, baik itu informasi online seperti blog maupun dari majalah-majalah kesehatan. Namun seringkali kita temui bahwa cara-cara itu hanya efektif bagi orang-orang tertentu saja dan tidak setiap orang yang mengikuti langkah-langkah tersebut akan berhasil dalam menerapkannya. Lalu cara atau tips
seperti apakah yang efektif supaya benar-benar bisa mengatasi jerawat yang membandel? Sebelum memberikan tips-tips nya, maka ada baiknya terlebih dahulu kita mengenali atau mengetahui pengertian jerawat dan apa yang menyebabkan jerawat pada wajah anda?



1. Pengertian atau definisi Jerawat


Jerawat adalah gangguan pada kulit akibat dari kelebihan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan terjadinya infeksi dan radang pada kulit manusia. Pengertian lain yaitu situasi tatkala pori-pori kulit mengalami suatu penyumbatan yang mengakibatkan minyak yang diproduksi di dalam tubuh terhalang dan tidak bisa keluar. Keadaan ini apabila terus berlanjut akan menyebabkan terjadi penggumpalan. Jerawat sangat sering muncul pada orang yang menginjak usia remaja bahkan tak jarang orang yang sudah dewasa sekalipun bisa terkena jerawat. Menurut Kligman seorang peneliti masalah jerawat, "bahwa tidak seorangpun yang ada di dunia ini yang tidak pernah mengalami jerawat pada kulitnya". Kemunculan jerawat pada kulit bisa mengakibatkan seseorang kehilangan rasa percaya dirinya.


2. Gejala dan Ciri-ciri Jerawat


Gejala dari jerawat sendiri bisa bermacam-macam tergantung pada jenis dan tingkat keparahan jerawat tersebut. Gejala paling umum yaitu timbulnya benjolan yang berwarna kemerahan atau kuning yang mengandung nanah. Ciri-ciri jerawat juga bisa dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu jerawat yang meradang dan dan tidak meradang:

Jerawat Yang Meradang


Jerawat yang meradang ciri-cirinya berwarna kemerah-merahan dan terjadi peradangan serta pembengkakan, juga gejala adanya iritasi pada kulit. Meskipun jerawat bukan merupakan kondisi medis yang serius, tapi ada baiknya anda mewaspadai supaya tidak menimbulkan kondisi yang lebih parah yang berakhir pada kerusakan kulit fatal. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan yang memahami masalah kesehatan.

Jerawat yang tidak meradang


Kalau jerawat yang termasuk tipe ini secara kasat mata kurang terlihat, namun menyebabkan kulit anda terasa kasar. Tapi walau tidak terlihat bukan berarti anda membiarkan begitu saja karena jerawat yang tidak meradang bisa menjadi jerawat yang meradang juga pada akhirnya.

3. Penyebab Munculnya Jerawat


Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat pada kulit, namun secara umum yang menyebabkan munculnya jerawat adalah sebagai berikut:

1. Akibat dari aktifitas hormon


Tidak bisa dipungkiri bahwa bahwa setiap orang akan melewati masa pergantian siklus hormonal terutama pada masa remaja yang dikenal dengan masa pubertas. Yaitu masa dimana seseorang menginjak usia remaja. Pada masa ini seorang yang memproduksi hormon bisa mengakibatkan kelenjar  minyak yang berlebih. Siklus hormonal juga terjadi pada masa menstruasi seorang wanita yang salah satunya menyebabkan munculnya jerawat.

2. Produksi minyak yang berlebihan atau kelenjar minyak yang terlalu aktif


Selain karena kulit yang kotor, jerawat juga muncul akibat dari produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Keadaan inilah yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan saluran folikel rambut. Hal ini bisa dikarenakan salah makan atau tidak cocok dengan makanan tertentu.

3. Karena Faktor Keturunan atau Genetik


Faktor genetik ini juga turut mempengaruhi munculnya jerawat. Pepatah mengatakan "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya". Jadi apabila orang tua baik dari ayah atau dari ibu adalah orang yang mudah terkena jerawat, maka kemungkinan ini juga bisa menurun kepada anaknya.

4. Akibat dari Sel-sel Kulit Mati


Seiring bertambahnya usia, maka akan terjadi pergantian sel-sel di dalam tubuh. Tidak terkecuali dengan kulit. Sel-sel yang mati akan digantikan dengan sel-sel yang baru. Tetapi apabila tidak telaten dalam merawat kulit misalnya jarang dibersihkan atau dibersihkan tapi tidak benar-benar bersih, maka sel-sel ini akan menumpuk dan bercampur dengan minyak yang berlebihan akhirnya berakibat iritasi dan menimbulkan jerawat.

5. Karena Bakteri


Apabila sel kulit yang mati serta minyak yang berlebih terinfeksi oleh bakteri maka otomatis juga akan menginfeksi juga pada kulit. Kulit yang sudah terinfeksi karena bakteri inilah yang akan mengalami iritasi sebagai bentuk reaksi tubuh/kulit dalam melawan bakteri dari luar yang berbahaya.

6. Penggunaan atau konsumsi obat-obatan


Mengkonsumsi obat-obatan tertentu bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Obat-obatan yang mengandung unsur kimia tertentu seperti kortikosteroid baik yang diminum (oral) maupun yang penggunaanya dioles bisa mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh. Menurunnya daya tahan tubuh maka aktifitas bakteri patogen akan meningkat.Cara Menghilangkan Jerawat secara alami Peningkatan aktifitas bakteri + produksi minyak berlebih + penyumbatan pori-pori karena menumpuknya sel kulit mati = kemunculan jerawat.

7. Karena Pemakaian Kosmetik


Mengapa kosmetik juga bisa menyebabkan jerawat? Hal itu dikarenakan banyak dari kosmetik yang beredar di pasaran mengandung zat-zat yang tidak cocok untuk kulit. Jika si A cocok menggunakan kosmetik X, belum tentu si B cocok menggunakan kosmetik yang sama. Jenis kosmetik yang bisa menyebabkan jerawat adalah yang mengandung unsur minyak, zat pewarna dan pengharum.

8. Karena Makanan dan Minuman yang menyebabkan Jerawat


Makanan dan minuman seperti apa yang bisa menyebabkan jerawat? Makanan dan minuman yang manis, dimasak dengan santan, es krim dan minuman ringan yang mengandung kafein. Belum lagi makanan sekarang                      

yang kebanyakan digoreng.

9. Akibat dari Stress


Tuntutan hidup zaman sekarang yang semakin dinamis, tekanan dari pekerjaan dan kemacetan di kota-kota besar tak jarang bisa menimbulkan stress. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada pola makan. Kebiasaan orang yang stress menjadikan makanan yang manis dan berlemak sebagai "pelarian" bisa memicu timbulnya jerawat.
Untuk membuat para remaja tidak salah jalan dalam memilih cara menghilangkan jerawat, maka saya akan memberikan beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa menggunakan obat yang berbahaya bagi kesehatan wajah dan kulit. Cara ini sangat ampuh saya terapkan pada wajah saya mengingat saya juga pernah mengalami dimana saya memiliki banyak sekali jerawat bertebaran di wajah saya.
cara menghilangkan jerawat secara alami :
1. Jaga jenis makanan yang di konsumsi, beberapa jenis makanan ternyata berpengaruh besar terhadap pertumbuhan jerawat di wajah, makanan yang mengganggu proses pencernaan akan menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Para remaja kebanyakan menyukai makanan yang pedas sehingga mengganggu proses pencernaan di usus.
2. Jaga selalu kebersihan wajah, kotoran yang  menempel di wajah berperan penting terhadap pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di wajah. Orang yang tiak membersihkan wajahnya dari make up ketika tidur lebih rentan terkena jerawat dibandingkan mereka yang tidak menggunakan make up. Bakteri jerawat akan dengan mudah tumbuh jika kulit tertutup oleh make up. Membersihkan wajah sebelum tidur adalah cara  yang cangat ampuh mencegah tumbuhnya jerawat di wajah. walaupun demikian membersihkan wajah terlalu sering juga akan membuat kulit menjadi kering dan kasar. Membersihkan wajah cukup 2 kali sehari.
3. Bunuh jerawat menggunakan air ludah. Tanpa anda sadari air ludah dapat membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah. Mungkin banyak yang tidak percaya pada hal ini atu juga ada yang merasa jijik menggunakannya. Di dalam air ludah manusia terdapat zat yang dapat membunuh bakteri jenis apapun, maka dari itu ketika terjadi luka di bagian lidah manusia biasanya hanya terjadi pendarahan beberapa menit saja, kemudian dalam 1 hari luka tersebut sudah langsung sembuh karena terkena air ludah secara terus menerus. Beberapa jenis hewan-hewan tertentu biasanya menggunakan air ludah mereka untuk mengobati luka di tubuh mereka. Cara menggunakan air liur sebagai pengobat jerawat adalah cukup dengan mengoleskan sedikit air liur kita ke bagian jerawat secara langsung. Saya sering sekali melakukan hal ini , ketika sebuah jerawat timbul maka dengan segera saya mengoleskan air liur saya ke bagian yang tumbuh jerawat tersebut, hasilnya hanya 2-3 hari kemudian jerawat tersebut mengempis dan tidak sampai mengeluarkan nanah seperti kebanyakan orang.
Tips  dan Cara menghilangkan Jerawat secara alami
Beberapa kelebihan pengobatan jerawat dengan menggunakan air liur adalah sebagai berikut :
1. Bebas dari efek samping, menggunakan obat alami penyembuh jerawat sangat bagus disebabkan tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya yang dapat merusakan kulit dikemudian harinya, menggunakan produk-produk pengobatan yang banyak dipasarkan terkadang memang cukup ampuh menghilangkan jerawat, tetapi terkadang mereka menggunakan bahan-bahan kimia tertentu yang berbahaya.
2. Mudah dilakukan, menggunakan air ludah sebagai penyembuh jerawar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sebab tidak ada bekas-bekas yang akan ditimbulkan seprti hanya ketika menggunakan masker penghilang jerawat.
3. Ampuh membunuh jerawat tanpa bekas, terkadang beberapa obat-obatan penghilang jerawat memberikan efek samping berupa pengelupasan pada kulit wajah, terkadang wajah menjadi memerah karena pengaruh obat-obatan kimia.
Itulah beberapa Tips  dan Cara menghilangkan Jerawat secara alami , semoga cara tersebut mampu mengatasi masalah kita selama ini yang berhubungan dengan jerawat.

Atau, Menggunakan Daun Pepaya Sebagai Berikut : Cara alami mengatasi jerawat

Mengatasi jerawat.

  • Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dan jemur.
  • Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya.
  • Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.

Perawatan untuk mengatasi jerawat.

  • Cucilah lobak secukupnya, kemudian parutlah lobak tersebut dan ambil airnya. 
  • Tambahkan cuka apel sedikit dan campur hingga rata. 
  • Oleskan pada jerawat, diamkan hingga mengering. 
  • Setelah kering, bersihkan dengan air. 
  • Lakukan secara rutin hingga jerawat teratasi.

Hal yang terpenting selain menggunakan produk dan bahan untuk menghilangkan jerawat, adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena metabolisma tubuh dan proses ekskresi yang baik, akan membantu pembuangan zat-zat sisa. Pola hidup sehat yang sebaiknya dilakukan seperti dibawah ini:

  • minum air secukupnya - tidak kurang, tidak lebih.
  • menjauhi stress dan selalu rileks
  • makan sayuran dan buah-buahan supaya BAB lebih lancar
  • cuci muka dgn air bersih (pakailah air mineral), karena bisa jadi air ledeng di rumah mengandung kadar besi yang terlalu tinggi
  • rutin mencuci handuk, helmet dan bantal
  • jangan memencet paksa, kecuali oleh alat yang tepat
  • cuci muka dengan sabun khusus cukup 2x/hari agar bisa mengurangi kelebihan minyak. Jangan terlalu sering karena justru bisa menghilangkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit
  • hindari sugary and iodized foods, kopi juga minuman berkarbonisasi
  • rajin berolahraga secukupnya, namun jangan berlebihan
  • facial wajah secara rutin akan mempercepat penyembuhan jerawat. Facial wajah rutin setiap 2 minggu sekali. Pakailah produk facial yang sudah terdaftar di badan pom. Keliru memilih produk facial malah bisa membuat problem sahabat menjadi tambah parah.
  • cara lainnya juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan herbal. Habbatussauda serta madu sangat baik untuk dikonsumsi.

    Demikian Artikel Ini Saya Buat Bagi Anda yang memiliki masalah Terhadap Jerawat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar